Beranda » Adventure » Ketahui Norma dan Etika Saat Pelesir ke Sepuluh Negara ini

Berlibur keliling dunia bertujuan untuk dapat menikmati keindahan alam dan keanekaragaman di tiap negara yang didatangi. Setiap negara memiliki kultur yang unik, yang pada akhirnya mempengaruhi keadaan pikiran dan perilaku. Adanya perbedaan budaya ini, ketika Anda pelesir ke negara tersebut, ada standar dan etika yang harus dijaga. Di negara asal wisatawan, mengucapkan atau menggerakan bagian tubuh tertentu mungkin dianggap biasa. Namun di negara-negara ini, tampak jadi tak biasa. Lebih buruk lagi, hal itu bisa menyinggung warga setempat karena dianggap kasar. Seperti kata peribahasa “Lain padang lain ilalang. Lain lubuk lain ikannya” atau peribahasa ini “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”.

Karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui bahasa dasar, baik verbal maupun nonverbal ketika traveling ke suatu negara, seperti :

1. Korea

Korea

Jika Anda sedang terkena flu dan pilek, sebaiknya Anda meminta izin untuk membersihkan ingus di toilet. Membuang ingus di tempat umum dianggap perilaku yang sangat kasar di Korea, apalagi saat menyantap hidangan makan.

2. Argentina

Jangan takjub jika penduduk setempat menyambut Anda dengan ciuman di pipi. Kebiasaan ini dianggap normal di Argentina.

  1. India

Sama halnya seperti di Indonesia, melahap makanan tradisional menggunakan tangan langsung tanpa alat makan dianggap wajar di India. Pastikan bahwa Anda hanya menggunakan tangan kanan saja’ karena tangan kiri dianggap tidak higienis.

4. Vietnam

Jika karena suatu hal tertentu, Anda perlu menunjukkan telapak kaki Anda kepada orang lain, Anda perlu mempertimbangkan cara yang terbaik. Tindakan seperti ini merupakan sikap yang sangat tidak sopan di Vietnam. Begitu juga halnya terhadap gambar yang dianggap suci.

5. Italia

Kadang kala keju tabur adalah bagian tak terpisahkan dari suatu hidangan. Jika demikian halnya, keju tersebut akan dihidangkan di mangkuk. Namun bila tidak disediakan keju tabur di mangkuk, lebih baik Anda tidak meminta karena hal ini berpotensi menyinggung koki yang bertugas memasak hidangan. Anda perlu mengingat hal ini saat traveling ke Italia.

6. Dubai

Mirip dengan di Indonesia, public display affection atau bermesraan di tempat umum merupakan tindakan tidak sopan di Dubai. Jadi, tahan dulu kebiasaan Anda yang satu ini ya

7. Jepang

Anda mungkin sudah biasa dengan istilah tato. Di Indonesia, tato bisa dianggap sebagai hiasan badan. Namun, jangan coba-coba memamerkan tato Anda di tempat umum saat Anda berwisata ke Jepang. Di negara ini tato diasosiasikan dengan geng Yakuza. Jadi, jangan heran jika orang bertato dilarang mandi di pemandian onsen umum.

8. Perancis

Bepergian identik dengan shopping. Kegiatan ini sudah seperti rutinitas wajib bagi wisatawan. Pasti Anda {berinteraksi|berhubungan| dengan pramuniaga di toko atau di kafe. Di Perancis, menyapa pramuniaga dianggap hal yang sopan dan lumrah dilakukan.

9. Nepal

Nepal adalah negeri eksotis yang berada di daerah pegunungan. Bagi Anda yang berkeinginan untuk mengunjungi negeri ini, penting diingat adab ini. Di Indonesia, kita terbiasa menunjuk barang atau tempat menggunakan jari. Namun, jangan coba-coba lakukan ini di Nepal. Sikap seperti ini dianggap tidak sopan. Dagu adalah bagian tubuh yang digunakan untuk maksud ini.

10. China

Saat mengunjungi teman, sang tamu sering kali disuguhi berbagai makanan dan minuman. Di beberapa daerah di Indonesia, tuan rumah akan merasa sangat tersanjung bila sang tamu menghabiskan hidangan yang disajikan. Namun, penilaian ini berlawanan dengan adat kebiasan di Cina. Menghabiskan semua yang disajikan oleh tuan rumah dianggap sikap yang menyinggung tuan rumah karena ada anggapan bahwa hal ini menandakan tuan rumah tidak menyajikan makanan yang cukup untuk sang tamu.

Demikianlah adat kebiasaan yang berlaku di 10 negara tujuan wisata di dunia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang akan berkunjung atau sedang merencanakan wisata keliling dunia. Dengan persiapan yang tepat, liburan Anda akan terasa lebih menyenangkan.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.